Senin, 01 September 2014

Pengertian ilmu pelet

                Pengertian ilmu pelet yaitu hal-hal yang berhubungan dengan gaib dengan tujuannya untuk memengaruhi alam bawah sadar seseorang untuk menumbuhkan perasaan suka dan sayang serta cinta kepada orang lain. Dapat juga dikatakan dengan pengasihan. Hal ini merupakan suatu budaya yang mengarah pada mistik serta tradisi yang banyak dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakat terhadap hal gaib. Konon, hampir di setiap negara memiliki budaya dan tradisi seperti ini. sedangkan untuk pelet sendiri berasal dari tanah Jawa tanpa ada arti atau makna dari kata tersebut. Sedangkan munculnya ilmu pelet diambil dari sebuah cerita legenda yaitu Nini Pelet dari Gunung Ceremai. Untuk di daerah lain ada banyak istilah, yaitu :
1.       Sumatra disebut dengan Pekasih
2.       Ranah Minang disebut dengan Pitunang
3.       Tanah Batak disebuu dengan Dorma
4.       Kalimantan Barat disebut dengan Kundang
5.       Kalimantan Timur disebut dengan Pitunduk
Kebanyakan dari ilmu pelet, menggunakan macam ritual untuk menggunakannya. Ritual tersebut biasanya disertakan mantra atau tulisan-tulisan yang disebut dengan azimat. Jika dilihat dari sejarahnya kemunculan ilmu pelet telah ada sejak jaman kuno dan digolongkan sebagai ilmu hitam. Meskipun ada anggapan bahwa ilmu pelet juga memiliki yang beraliran putih. Hal tersebut dikarenakan adanya alasan menggunakan ayat-ayat dalam kitab suci agama, misalnya ilmu pelet dari Al Qur’an dan sebagainya.

Meskipun merupakan sebuah budaya tradisi atau lokal jenius suatu daerah, ternyata tidak sedikit orang yang secara intelektual tinggi dan lebih modern masih mempercayai keberadaan ilmu pelet ini. bukan rahasia umum lagi apabila sangat banyak kalangan baik itu pejabat maupun selebrity menggunakan pelet serta susuk untuk kepentingan dirinya supaya terlihat lebih berwibawa, menarik dan membuat semua orang terpesona atau jatuh cinta. Secara rasional, pengertian ilmu pelet ini sangatlah sulit untuk dijabarkan dan diterangkan dengan jelas. Karena sudah jelas bahwa jalur pemikiran dari kedua hal tersebut sangatlah jauh berbeda. Jika ilmu pengetahuan menggunakan logika atau nalar sedangkan ilmu pelet menggunakan hal-hal magis dan mistis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar