Senin, 26 Mei 2014

Sawan , Fakta Aneh Penyakit Pada Anak

sawan ( bhs jawa ) atau saben ( bhs madura ) merupakan gejala aneh yang menyerang anak kecil di jawa serta madura. anak yang terkena sawan, kebanyakan bakal menangis rewel apalagi suhu tubuhnya meningkat dari normal. penyakit ini diakui dikarenakan oleh prilaku si ibu yang menyusui anaknya. umpama sebab si ibu makan kambing, maka dikala si anak rewel serta panas, maka orang-orang tua di sekitar segera ‘mendiagnosa’ sebagai terkana sawan kambing.

terdapat banyak model bergantung dari dikarenakan. sawan yang amat unik merupakan sawan manten, yakni dikala seorang ibu serta anaknya yang tetap balita menghadiri sesuatu resepsi pernikahan. sementara pulang, si anak mulai alami gejala sawan, yakni panas meninggi serta jadi rewel.

sawan

sawan yang lain semakin banyak sebab makanan, layaknya yang saya umpamakan diatas. uniknya, apabila si anak rewel, orang-orang tua bakal segera mengintrogasi ibunya untuk sadari makanan apa yang udah dikonsumsinya hari itu. sebagian orang-orang tua yakin, andaikan umpamanyasi ibu makan rujak pedas, maka diakui apabila air susu si ibu tercemar oleh rujak tersebut.

antisipasi serta pengobatan penyakit ini bisa dibuilang unik. apabila si anak alami sawan kambing, maka kebanyakan tulang kambing sisa, mesti dibakar sampai gosong untuk sesudah itu di campur dengan minyak. ramuan ini diakui mampu membuat sembuh panas serta prilaku rewel si anak.

tetapi pada persoalan sawan manten, si ibu kebanyakan menghendaki sedikit bunga yang dipakai oleh ke-2 mempelai. bunga tersebut dibawa oleh si ibu ikatkannya di ujung kain gendongan si anak.

benar-benar penyebab serta penyembuhannya nampak tidak masuk akal serta terkesan mistis. tapi tersebut keyakinan yang ada di masyrakat. pada yakin tidak yakin deh. mungkinkah ini yang disebut yaitu local wisdom ?

saya sendiri kurang mengetahui penyakit sawan dengan medis atau psikologis. pertanyaan yang menggelitik sepanjang ini merupakan, apakah penyakit sawan ini juga menyerang anak-anak dari luar jawa layaknya bali, makassar serta medan ? ataukah juga moment model layaknya ini ada di negara lain layaknya jepang, taiwan, hongkong, arab, apalagi amerika ?

entahlah. tapi yang jelas, ke-2 anak saya sementara balita cukup kebal serta tidak dulu terkena sawan biarpun ibunya jenis pemakan semua serta sekian kali menghadiri resepsi pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar